Selasa, 01 November 2016
Dalam suatu pembelajaran membutuhkan apa yang di namakan evaluasi. Pengertian dari evaluasi adalah suatu proses yang didalamnya terdapat pengukuan, yang dilanjutkan dengan penilaian.
Berikut ini merupakan sebuah contoh materi pembelajaran yang disampaikan dalam mata kuliah evaluasi pembelajaran. Pada mahasiswa Penjaskesrek jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, UN PGRI Kediri. Dosen Pengampu Ardhi Mardiyanto Indra Purnomo, M.Or.
Download BAB I Unduh
Download BAB II Unduh
Download BAB III Unduh
Semoga bisa memberi manfaat bagi semua.....dan tunggu kelanjutan materi selanjutnya.
Terimakasih...
Rabu, 20 April 2016
Tugas Matakuliah Pendidikan Adaptis
Sesuai Dengan Kelompok Masing-Masing
Petunjuk Pengerjaan : Silahkan Didiskusikan Dengan Kelompok Masing-Masing.
- Pada saat melakukan pembejaran pengajar memerlukan alat dan media pada saat menyampaikan materi kepada anak berkebutuhan khusus karena keterbatasan dari mereka. Maka dari itu mengapa perlu adanya media dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus?
- Dari soal nomor pertama silahkan dirumuskan pembelajaran yang cocok dan sesuai dengan Anak Berkebutuhan Khusus tersebut.
- Tuliskan pengertian Pendidikan Adaptis menurut beberapa ahli (Minimal 10 Ahli)
- Petujuk pengumpulan : Diketik dan dikumpulkan paling lambat besok hari jum'at tanggal 22 April 2016 pukul 10.00 WIB. ke Alamat email saya : ardhindra97@gmail.com
- Tugas diberi JUDUL sesuai dengan judul Anak Berkebutuhan Khusus masing-masing kelompok.
Sabtu, 14 November 2015
Jum,at, 13 November 2015
TUGAS
MATA KULIAH EVALUASI OLAHRAGA
1. Buatlah
sebuah pengamatan terhadap salah satu siswa yang menjadi anak didik dikelas
apabila anda seorang guru?
LEMBARAN
PENGAMATAN TERHADAP SIKAP SISWA
Perilaku/sikap
yang diamati :
Nama Peserta Didik : Kelas : Semester :
No.
|
Deskripsi Perilaku
Awal
|
Deskripsi Perubahan
|
Capaian
|
|||
Pertemuan : …..
Hari/tgl….
|
ST
|
T
|
R
|
SR
|
||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
Dst.
|
Keterangan :
ST : Perubahan Sangat Tinggi
T : Perubahan Tinggi
R : Perubahan Rendah
SR : Perubahan Sangat Rendah
NB :
1. Perlu
diperhatikan anda sebagai seorang guru menuliskan deskripsi awal tentang apa
yang akan dinilai pada diri siswa, misalnya : sikap pada saat dikelas, dst…
2. Buat
deskripsi tentang siswa minimal 7 sikap yang dinilai
3. Ditulis
pada kertas folio
Kamis, 08 Oktober 2015
pengertian pengukuran, penilaian dan evaluasi
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas hakekat pengukuran dan penilain hasil belajar, mengolah dan melaporkan hasil evaluasi, serta menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
Indikator (tujuan pembelajaran)
Pada
akhir
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan
mampu
untuk, Memahami hakekat pengukuran dan penilaianMampu menyusun perangkat alat evaluasi pengajaran, mengolah, melaporkan hasil evaluasi, dan menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
ILUSTRASI
- Pak Budi, seorang guru pendidikan jasmani SMP SukaMandi II, melakukan pengumpulan data tentang tinggi badan, berat badan, kandungan lemak badan, panjang lengan, panjang tungkai, lingkar lengan, lingkar paha, lingkar bahu, lingkar leher, dll. cerita ini dapat dikategorikan kedalam PENGUKURAN
- Pak Bagio seorang Pengawas SMP, melakukan pengamatan PBM Penjas di SMP SukaMandi II selama 2 hari berturut-turut dan hanya bisa mencatat banyaknya kesempatan anak dalam partisipasi penjas yang diberikan guru. Selanjutnya pak Bagio hanya bisa menyimpulkan bahwa kesempatan yang diberikan guru penjas untuk mengulang gerakan terlalu sedikit. cerita ini dapat dikategorikan kedalam PENILAIAN
- Pak Catur seorang ahli kurikulum setelah menerima laporan dari pak Bagio perihal pelaksanaan penjas di SMP SukaMandi II, selanjutnya memberikan saran “Tambah dan Tingkatkan” agar pelaksanaan penjas yang lebih baik dan berkualitas. cerita ini dapat dikategorikan kedalam EVALUASI
Dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian
PENGUKURAN
Suatu Proses yang dilakukan secara sistematis untuk memperoleh besaran kuantitatif dari suatu obyek tertentu dengan menggunakan alat ukur yang baku.
PENILAIAN
Merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar yang dilaksanakan secara
sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
EVALUASI
Evaluasi : Suatu
proses yang dirancang secara sistematis dan
terencana dalam
rangka untuk membuat alternatif-alternatif keputusan atas dasar pengukuran dan
penilaian yang telah dilakukan sebelumnya
Buku Referensi Pokok
•Arikunto, Suharsimi. 1989. Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta:
Bina Aksara
•Ary,
Donal
dkk.
1972.
Introduction to Research in Education. New
York: Holt, Renehart
and Winston
•Nurkancana,
Wayan
dan
Sunartana,
P.P.N. 1982. Evaluasi Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
•Utomo, Tjipto dan Rujter, Kees. 1985. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia
•Yusuf, A Mury. 1986. Teknik Evaluasi. Padang: FIP IKIP Padang
•Prayitno,
1987. Pengadministrasian Tes. Padang: FIP IKIP Padang
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
SILABUS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran
Kode Mata Kuliah :
Bobot Mata Kuliah : 3 SKS
Kelompok Mata Kuliah : MKK
Dosen Pembina : Ardhi Mardiyanto Indra P, S.Pd., M.Or
Semester : VI
A. DESKRIPSI
MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas hakekat
pengukuran dan penilain hasil belajar, mengolah dan melaporkan hasil evaluasi,
serta menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
B. TUJUAN MATA KULIAH
Setelah
mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa memahami hakekat pengukuran dan penilaian,
mampu menyusun perangkat alat evaluasi pengajaran, mengolah, melaporkan hasil
evaluasi, dan menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
C. KEPUSTAKAAN
- Arikunto, Suharsimi. 1989. Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
- Ary, Donal dkk. 1972. Introduction to Research in
Education. New York: Holt, Renehart and Winston
- Nurkancana, Wayan dan Sunartana, P.P.N. 1982. Evaluasi
Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
- Utomo, Tjipto dan Rujter, Kees. 1985. Peningkatan
dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta:
Gramedia
- Yusuf, A Mury. 1986. Teknik Evaluasi. Padang: FIP IKIP
Padang
- Prayitno, 1987. Pengadministrasian Tes.
Padang: FIP IKIP Padang
D. STRATEGI PERKULIAHAN
- Kuliah Mimbar
- Diskusi Kelompok
- Observasi
- Presentasi
- Pemberian Tugas
E.
PENILAIAN
- Kehadiran dan aktivitas dalam kelas 10%
- Tugas mingguan 20
%
- UTS 30
%
- UAS 40
%
Jumlah 100%
F. KEGIATAN PERKULIAHAN
MG KE
|
MATERI (TOPIK DAN RINCIAN)
|
Tugas
|
SUMBER
|
1
|
2
|
3
|
4
|
I
|
Penjelasan Silabus
|
||
I
|
I.
KONSEP DASAR PENGUKURAN DAN PENILAIAN
Pengertian Pengukuran dan penilaian
Peranan
penilaian dalam pembelajaran
Hubungan antara penilaian dengan mutu pembelajaran
|
Membaca buku sumber
|
1,3,5
|
II
|
Prinsip-prinsip penilaian
Skala pengukuran
|
sda
|
1,3,5
|
III
|
II. TAKSONOMI BLOOM
A. Ranah kognitif
B. Ranah Afektif
C. Ranah psikomotor
|
sda
|
1,3,5
|
IV
|
III. PENGEMBANGAN INSTRUMEN
A. Jenis Instrumen Tes
|
sda
|
3,5
|
V
|
a.
Teknik Menulis Tes Esai
|
Membuat TIK dan soal
|
3,5
|
VI
|
b.
Teknik Menulis Tes Objektif
1) Betul-Salah
2) Penjodohan
3) Pilihan Ganda
|
Membuat Kisi-kisi
|
3,5
|
VII
|
4) Analisis Sebab Akibat
5) Asosiasi Pilihan Ganda
6) Isian
|
Membuat contoh soal sesuai kisi-kisi
|
3,5
|
VIII
|
Observasi
1. Pengertian
2. Jenis
3. Pengembangan dan penggunaan
|
3,5
|
|
IX
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
||
X
|
IV. MENENTUKAN KUALITAS INSTRUMEN
TES
Validitas
|
Membuat latihan
|
3,5
|
XI
|
Reliabilitas
|
sda
|
3,5
|
XII
|
Tingkat
kesukaran
|
sda
|
3,5
|
XIII
|
Daya
beda
|
sda
|
1,2,3
|
XIV
|
A. Penggunaan Penilaian
1. Penilaian Acuan Normatif (PAN)
|
1,2,4,5
|
3,5
|
XV
|
2. Penilaian Acuan Patokan (PAP)
|
1,2,4,5
|
3,5
|
XVI
|
Pengadministrasian
Tes
|
1,2,3,4,5
|
6
|
XVII
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
Kediri, 14 September 2015
Dosen yang bersangkutan
Ardhi Mardiyanto Indra P, S.Pd.,
M.Or
Langganan:
Postingan (Atom)