UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
SILABUS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran
Kode Mata Kuliah :
Bobot Mata Kuliah : 3 SKS
Kelompok Mata Kuliah : MKK
Dosen Pembina : Ardhi Mardiyanto Indra P, S.Pd., M.Or
Semester : VI
A. DESKRIPSI
MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas hakekat
pengukuran dan penilain hasil belajar, mengolah dan melaporkan hasil evaluasi,
serta menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
B. TUJUAN MATA KULIAH
Setelah
mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa memahami hakekat pengukuran dan penilaian,
mampu menyusun perangkat alat evaluasi pengajaran, mengolah, melaporkan hasil
evaluasi, dan menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
C. KEPUSTAKAAN
- Arikunto, Suharsimi. 1989. Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
- Ary, Donal dkk. 1972. Introduction to Research in
Education. New York: Holt, Renehart and Winston
- Nurkancana, Wayan dan Sunartana, P.P.N. 1982. Evaluasi
Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
- Utomo, Tjipto dan Rujter, Kees. 1985. Peningkatan
dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta:
Gramedia
- Yusuf, A Mury. 1986. Teknik Evaluasi. Padang: FIP IKIP
Padang
- Prayitno, 1987. Pengadministrasian Tes.
Padang: FIP IKIP Padang
D. STRATEGI PERKULIAHAN
- Kuliah Mimbar
- Diskusi Kelompok
- Observasi
- Presentasi
- Pemberian Tugas
E.
PENILAIAN
- Kehadiran dan aktivitas dalam kelas 10%
- Tugas mingguan 20
%
- UTS 30
%
- UAS 40
%
Jumlah 100%
F. KEGIATAN PERKULIAHAN
MG KE
|
MATERI (TOPIK DAN RINCIAN)
|
Tugas
|
SUMBER
|
1
|
2
|
3
|
4
|
I
|
Penjelasan Silabus
|
||
I
|
I.
KONSEP DASAR PENGUKURAN DAN PENILAIAN
Pengertian Pengukuran dan penilaian
Peranan
penilaian dalam pembelajaran
Hubungan antara penilaian dengan mutu pembelajaran
|
Membaca buku sumber
|
1,3,5
|
II
|
Prinsip-prinsip penilaian
Skala pengukuran
|
sda
|
1,3,5
|
III
|
II. TAKSONOMI BLOOM
A. Ranah kognitif
B. Ranah Afektif
C. Ranah psikomotor
|
sda
|
1,3,5
|
IV
|
III. PENGEMBANGAN INSTRUMEN
A. Jenis Instrumen Tes
|
sda
|
3,5
|
V
|
a.
Teknik Menulis Tes Esai
|
Membuat TIK dan soal
|
3,5
|
VI
|
b.
Teknik Menulis Tes Objektif
1) Betul-Salah
2) Penjodohan
3) Pilihan Ganda
|
Membuat Kisi-kisi
|
3,5
|
VII
|
4) Analisis Sebab Akibat
5) Asosiasi Pilihan Ganda
6) Isian
|
Membuat contoh soal sesuai kisi-kisi
|
3,5
|
VIII
|
Observasi
1. Pengertian
2. Jenis
3. Pengembangan dan penggunaan
|
3,5
|
|
IX
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
||
X
|
IV. MENENTUKAN KUALITAS INSTRUMEN
TES
Validitas
|
Membuat latihan
|
3,5
|
XI
|
Reliabilitas
|
sda
|
3,5
|
XII
|
Tingkat
kesukaran
|
sda
|
3,5
|
XIII
|
Daya
beda
|
sda
|
1,2,3
|
XIV
|
A. Penggunaan Penilaian
1. Penilaian Acuan Normatif (PAN)
|
1,2,4,5
|
3,5
|
XV
|
2. Penilaian Acuan Patokan (PAP)
|
1,2,4,5
|
3,5
|
XVI
|
Pengadministrasian
Tes
|
1,2,3,4,5
|
6
|
XVII
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
Kediri, 14 September 2015
Dosen yang bersangkutan
Ardhi Mardiyanto Indra P, S.Pd.,
M.Or
Tidak ada komentar:
Posting Komentar