Kamis, 08 Oktober 2015

UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

SILABUS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah            : Evaluasi Pembelajaran
Kode Mata Kuliah : 
Bobot Mata Kuliah            : 3 SKS
Kelompok Mata Kuliah    : MKK
Dosen Pembina                  : Ardhi Mardiyanto Indra P, S.Pd., M.Or
Semester                            : VI

A.  DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas hakekat pengukuran dan penilain hasil belajar, mengolah dan melaporkan hasil evaluasi, serta menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
B.  TUJUAN MATA KULIAH
Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa memahami hakekat pengukuran dan penilaian, mampu menyusun perangkat alat evaluasi pengajaran, mengolah, melaporkan hasil evaluasi, dan menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
C.  KEPUSTAKAAN
  1. Arikunto, Suharsimi. 1989. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
  2. Ary, Donal dkk. 1972. Introduction to Research in Education. New York: Holt, Renehart and Winston
  3. Nurkancana, Wayan dan Sunartana, P.P.N. 1982. Evaluasi Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
  4. Utomo, Tjipto dan Rujter, Kees. 1985. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia
  5. Yusuf, A Mury. 1986. Teknik Evaluasi. Padang: FIP IKIP Padang
  6. Prayitno, 1987. Pengadministrasian Tes. Padang: FIP IKIP Padang
D.  STRATEGI PERKULIAHAN
  1. Kuliah Mimbar
  2. Diskusi Kelompok
  3. Observasi
  4. Presentasi
  5. Pemberian Tugas
E.   PENILAIAN
  1. Kehadiran dan aktivitas dalam  kelas                 10%
  2. Tugas mingguan                                                20 %
  3. UTS                                                                 30 %
  4. UAS                                                                40 %
Jumlah                                                                    100%
F.   KEGIATAN PERKULIAHAN
MG KE
MATERI (TOPIK DAN RINCIAN)
Tugas
SUMBER
1
2
3
4
I
Penjelasan Silabus
I
I. KONSEP  DASAR  PENGUKURAN DAN   PENILAIAN
Pengertian Pengukuran dan penilaian
Peranan penilaian dalam pembelajaran
Hubungan antara penilaian dengan mutu pembelajaran

Membaca buku sumber

1,3,5
II
Prinsip-prinsip penilaian
Skala pengukuran
sda
1,3,5
III
II. TAKSONOMI BLOOM
A.   Ranah kognitif
B.    Ranah Afektif
C.   Ranah psikomotor
sda
1,3,5
IV
III. PENGEMBANGAN INSTRUMEN
A.     Jenis Instrumen Tes
  1. Pengertian Tes
  2. Jenis-jenis tes
sda
3,5
V
a. Teknik Menulis Tes Esai
Membuat TIK dan soal
3,5
VI
b. Teknik Menulis Tes Objektif
1)      Betul-Salah
2)      Penjodohan
3)      Pilihan Ganda
Membuat Kisi-kisi
3,5
VII
4)      Analisis Sebab Akibat
5)      Asosiasi Pilihan Ganda
6)      Isian
Membuat contoh soal sesuai kisi-kisi
3,5
VIII
Observasi
1.    Pengertian
2.    Jenis
3.    Pengembangan dan penggunaan
3,5
IX
UJIAN TENGAH SEMESTER
X
IV. MENENTUKAN KUALITAS INSTRUMEN TES
Validitas
Membuat latihan
3,5
XI
Reliabilitas
sda
3,5
XII
Tingkat kesukaran
sda
3,5
XIII
Daya beda
sda
1,2,3
XIV
A.  Penggunaan Penilaian
1.  Penilaian Acuan Normatif (PAN)
1,2,4,5
3,5
XV
2.  Penilaian Acuan Patokan (PAP)
1,2,4,5
3,5
XVI
Pengadministrasian Tes
1,2,3,4,5
6
XVII
UJIAN AKHIR SEMESTER

Kediri, 14 September 2015
Dosen yang bersangkutan

Ardhi Mardiyanto Indra P, S.Pd., M.Or



Tidak ada komentar:

Posting Komentar