Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas hakekat pengukuran dan penilain hasil belajar, mengolah dan melaporkan hasil evaluasi, serta menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
Indikator (tujuan pembelajaran)
Pada
akhir
perkuliahan,
mahasiswa
diharapkan
mampu
untuk, Memahami hakekat pengukuran dan penilaianMampu menyusun perangkat alat evaluasi pengajaran, mengolah, melaporkan hasil evaluasi, dan menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
ILUSTRASI
- Pak Budi, seorang guru pendidikan jasmani SMP SukaMandi II, melakukan pengumpulan data tentang tinggi badan, berat badan, kandungan lemak badan, panjang lengan, panjang tungkai, lingkar lengan, lingkar paha, lingkar bahu, lingkar leher, dll. cerita ini dapat dikategorikan kedalam PENGUKURAN
- Pak Bagio seorang Pengawas SMP, melakukan pengamatan PBM Penjas di SMP SukaMandi II selama 2 hari berturut-turut dan hanya bisa mencatat banyaknya kesempatan anak dalam partisipasi penjas yang diberikan guru. Selanjutnya pak Bagio hanya bisa menyimpulkan bahwa kesempatan yang diberikan guru penjas untuk mengulang gerakan terlalu sedikit. cerita ini dapat dikategorikan kedalam PENILAIAN
- Pak Catur seorang ahli kurikulum setelah menerima laporan dari pak Bagio perihal pelaksanaan penjas di SMP SukaMandi II, selanjutnya memberikan saran “Tambah dan Tingkatkan” agar pelaksanaan penjas yang lebih baik dan berkualitas. cerita ini dapat dikategorikan kedalam EVALUASI
Dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian
PENGUKURAN
Suatu Proses yang dilakukan secara sistematis untuk memperoleh besaran kuantitatif dari suatu obyek tertentu dengan menggunakan alat ukur yang baku.
PENILAIAN
Merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar yang dilaksanakan secara
sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
EVALUASI
Evaluasi : Suatu
proses yang dirancang secara sistematis dan
terencana dalam
rangka untuk membuat alternatif-alternatif keputusan atas dasar pengukuran dan
penilaian yang telah dilakukan sebelumnya
Buku Referensi Pokok
•Arikunto, Suharsimi. 1989. Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta:
Bina Aksara
•Ary,
Donal
dkk.
1972.
Introduction to Research in Education. New
York: Holt, Renehart
and Winston
•Nurkancana,
Wayan
dan
Sunartana,
P.P.N. 1982. Evaluasi Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
•Utomo, Tjipto dan Rujter, Kees. 1985. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia
•Yusuf, A Mury. 1986. Teknik Evaluasi. Padang: FIP IKIP Padang
•Prayitno,
1987. Pengadministrasian Tes. Padang: FIP IKIP Padang